ads
ads ads ads ads

Selasa, 27 Desember 2011

Pelatihan Pers dan Jurnalistik

Institut Studi Islam Darussalam telah membina kerjasama dengan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, dan dalam kesempatan pelatihan Pers dan Jurnalistik yang diselenggarakan di ISID mengundang TIM ICT UNS untuk menjadi narasumber dalam pemanfaatan E-Learning dalam dunia pendidikan.

Salah satu bidang yang mulai menggunakan blog yaitu sektor pendidikan. Sektor pendidikan membutuhkan suatu teknologi yang popular untuk dapat memenuhi kebutuhan beberapa pihak sebagai stakeholder pendidikan. Teknologi internet untuk pendidikan di Indonesia pertama dicetus oleh DEPDIKNAS melalui Jardiknasnya.

Jardiknas adalah singkatan dari jejaring pendidikan nasional merupakan program pengembangan infrastruktur jaringan online skala nasional (National Wide Area Network) yang dibangun oleh Departemen Pendidikan Nasional (DEPDIKNAS) Pemerintah Republik Indonesia untuk menghubungkan antar institusi dan komunitas pendidikan se-Indonesia. Melalui jardiknas itu, sekolah, kantor/ institusi pendidikan, perguruan tinggi, di seluruh Indonesia dapat tergabung menjadi satu simpul jaringan yang dapat diakses oleh kalangan pendididikan. Melalui Jardiknas pertukaran informasi menjadi sangat mudah. Semua yang terkoneksi dengan Jardiknas itu dapat melakukan Video Conference dalam waktu yang bersamaan. Suatu inovasi yang sangat popular untuk kemajuan pendidikan.

Begitu juga dengan Institut Studi Islam Darussalam (ISID) Gontor yang sudah mulai memanfaatkan teknologi informasi sejak lama. Hal ini dapat dilihat dari adanya sumber informasi yang memadai di dunia maya mengenai ISID Gontor. Selain itu, ISID Gontor juga telah memanfaatkan media website dan pembelajaran berbasis ICT untuk lebih memanfaatkan TIK untuk dunia pendidikan.

Melihat semakin berkembangnya teknoloni komunikasi dan informasi khususnya aplikasinya di bidang pendidikan, sebagai wujud implementasi TIK di ISID Gontor maka Mahasiswa juga diikutsertakan untuk terbiasa dengan dunia TIK. Mahasiswa telah dibuatkan Blog Mahasiswa yang berdomain ISID Gontor ( http://mahasiswa.isid.gontor.ac.id ).

Diharapkan dengan tersedianya Blog Mahasiswa ini maka mahasiswa khususnya di ISID Gontor ini dapat menggunakan Blog Mahasiswa ini sebagai media untuk menyampaikan pembelajaran online atau untuk publikasi materi yang dimiliki oleh Mahasiswa tersebut. Dengan pembelajaran online dan publikasi materi ini maka perkembangan pendidikan juga akan bergerak cepat, karena ada suatu literature baru yaitu Blog Mahasiswa ISID Gontor yang akan membuat mahasiswa-mahasiswa mempunyai fasilitas situs pribadi yang dapat digunakan untuk media ajar dan media publikasi (Jumhur-gontor.ac.id)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

kabar berita dari langit

kampoeng damaikoe